Koneksi Internet Pribadi Ber-billing

Tidak banyak yang tahu mungkin alat yang satu ini. Tidak seperti gnome-ppp atau wvdial yang begitu populer digunakan untuk melakukan koneksi sistem Linux ke internet via modem bergerak, alat ini memang tidak begitu populer. Apalagi bahasa yang didukung hanya Inggris dan Rusia. Nama alat ini adalah Gnome-pppoe.



Meskipun sejatinya digunakan untuk koneksi pppoe, namun di situs resminya, pengembangnya mengklaim bahwa alat ini juga bisa digunakan untuk koneksi melalui modem bergerak yang mendukung 3G dan GPRS. Untuk melakukannya, pengguna cukup memilih tipe koneksi "USB 3G/Mobile modem connection". Modem produksi Huawei, ZTE, dan NokiaMobile secara resmi didukung, kecuali seri ZTE-MF626 dan ZTE-MF636.

Senjata koneksi internet via modem ini rupanya cukup kaya fitur. Sebut saja :
  • statistik koneksi secara real-time
  • tombol untuk menyambungkan atau memutuskan
  • mendukung koneksi via PPPoE/PPTP/ADSL/3G/GPRS
  • daftar lalu lintas pemakaian (billing)
  • mengizinkan pengaturan penggunaan koneksi melalui task manager
Dari tulisan yang terdapat di situsnya, ada dugaan bahwa fitur billing merupakan keunggulan dari aplikasi kecil ini. Pengguna dapat melihat dan menghitung lalu lintas komunikasi data di modemnya apakah tiap sesi atau dalam periode tertentu, misal harian, mingguan, dan bulanan. Yang juga tidak kalah menarik, adalah pengguna juga dapat mengetahui berapa tarif/pulsa yang telah terpakai. Sangat membantu bagi pengguna yang fakir bandwidth.

Pengembang aplikasi kecil ini juga mengklaim bahwa pengguna juga dapat membuat NAT dengan mudah dari koneksi yang dibuatnya. Di bagian utilitas, pengembang juga menambahkan task manager yang mengizinkan pengunna untuk membuat sendiri aturan koneksi. Misal untuk menjadwal kapan nyambung kapan putus, atau setelah habis pulsa berapa koneksi akan putus otomatis, dan masih banyak yang lainnya.

Penasaran dengan alat kecil ini? Segera aja coba. Unduh google code. Diperlukan paket python, pppoe, dan pptp-linux untuk menggunakannya.

Komentar

Postingan Populer