Pilih File System yang Mana?

Anda yang pernah menginstal Linux, mungkin mengalami kebingungan ketika dihadapkan pada bagian pemilihan file system. Tidak seperti Windows dan Mac yang hanya menyediakan satu atau dua tipe file system. Instalasi pada Linux menyediakan lebih dari itu. Lalu mana yang seharusnya dipilih?


Ternyata, berbagai file system yang disediakan Linux tidaklah sama. Beberapa file system mungkin merupakan versi lanjutan dari file system yang lain, misalkan saja Ext4 yang merupakan kelanjutan dari Ext3. Begitu juga Ext3 adalah kelanjutan dari Ext2. Versi yang lebih baru tentu menjanjikan perbaikan dari versi sebelumnya. Beberapa file system yang lain mungkin hanya menyediakan versi terbarunya. Namun lebih dari itu, berbagai file system tersebut mempunyai peruntukan fungsi yang berbeda. Ada yang memiliki keunggulan dalam hal kecepatan, misalkan Ext4. Ada juga yang unggul dalam hal kompatibilitas lintas-platform.


File System, seperti keluarga Ext cocok untuk diterapkan pada komputer PC. Jika anda menggunakan yang lebih dari sekedar PC, misal untuk home theater atau server rumahan, pilihan anda mungkin lebih baik pada XFS atau JFS.

Lalu apa kelebihan dari berbagai file system tersebut? Kita bahas lain kali.

Sumber : lifehacker.com

Komentar

Postingan Populer