Rilis Finnix 101

Sebuah distribusi Linux kecil yang diperuntukkan bagi adminstrator sistem di rilis kemarin, 25 Desember 2010. Distro ini berbasis Debian testing. Finnix 101 ini adalah rilis yang ke-17 sejak pertama kali dilepas pada sepuluh tahun yang lalu. Rilis terbaru ini menyertakan kembali dukungannya terhadap arsitektur PowerPC, beberapa fitur baru, perbaikan kecil pada kutu, serta perubahan pada arsitektur Finnix itu sendiri.



Dukungan terhadap PowerPC
Pengembang Finnix, mengklaim distronya sebagai satu-satunya distro Linux LiveCD dengan dukungan terhadap arsitektur PowerPC, meskipun tidak selalu tersedia di setiap rilisnya. Namun, para pengembang tetap mengusahakan agar selalu ada dukungan terhadap PowerPC.

Re-engingeering
Sekilas, tampilan Finnix terlihat seperti rilis-rilis sebelumnya. Namun dibalik 'biasa'-nya tampilan tersebut, infrastruktur inti Finnix rupanya telah mengalami perubahan (reengineering). Perubahan tersebut dimaksudkan agar pengembangan dan pe-remaster-an menjadi lebih mudah dan powerful. Selain itu juga untuk mempermudah deployment pada penyedia Virtual Private Server (VPS). Perubahan yang diklaim pengembang ini meliputi tata letak sistem file CD yang baru (nama dan lokasi file), lingkungan remastering, sistem RC yang kompatibel dengan SysV, dan lagi skrip RC yang lebih rapi.

Kernel baru, 2.6.36
Kernel baru ini dikompail berbasiskan 2.6.36-1~experimental.1 dari Debian "experimental". Meskipun kernel ini "experimental", namun telah dilakukan pengujian yang melebihi pengujian Finnix lazimnya. Pengembang berani menjamin bahwa kernel versi ini sangat stabil.

Tambahan Hardware Detection Tool
Pada CD x86 telah disertakan Hardware Detection Tool (Alat Deteksi Perangkat Keras) pada menu boot-nya. Dengan demikian, pengguna dapat mengetahui informasi sistem lebih cepat tanpa harus boot ke sistem.

Spesifikasi Perangkat Keras Minimum

  • CPU:
    • x86: 586 or higher x86 CPU (Pentium II/III/4, AMD Athlon, Duron), or AMD64/EM64T 64-bit CPUs (Pentium D, Core, Core 2, Core i, Xeon, Atom, AMD Athlon64, Turion, Opteron)
    • PowerPC: G5, G4, or NewWorld G3, including PowerPC iMacs, Power Macs, Powerbooks, and PowerPC Mac Minis
    • Intel Macs (2006 or later) didukung via the x86 CD.
  • Memori/RAM : Minimum 32MB; Direkomendasikan 128MB
  • Untuk jalan penuh dari RAM : Minimum 192MB; Direkomendasikakn 256MB 
  • CDROM ATAPI/SATA


Mengunduh
Finnix 101 tersedia untuk tiga platform x86, AMD64, dan PowerPC. Silahkan kunjungi situs resminya untuk mengunduh langsung iso Finnix. Atau via BitTorrent x86/AMD64 dan PowerPC.

Sumber : blog.finnix.org

Komentar

Postingan Populer