Rilis Terbaru Opera 11

Opera Software ASA merilis versi terbaru peramban web mereka, Opera 11. Banyak perbaikan disertakan dalam rilis ini. Termasuk fitur-fitur terbarunya. Dari situs resminya, disadur informasi berikut :



  1. Tab bertumpuk
     Seperti anda yang gemar menggunakan efek Window Previews pada Compiz, Opera pun memiliki hal yang serupa pada tab-nya. Tab-tab dalam satu kelompok, ketika penunjuk berada di atasnya, Opera akan menampilkan preview masing-masing tab tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat gambar berikut.
  2. Kolom alamat yang lebih aman
    Opera mengklaim mereka telah memperbaiki kolom alamat peramban mereka dan akan menyembunyikan kompleksitas alamat yang panjang. Fitur ini memberikan informasi yang lebih dalam hal keamanan browsing. Terdapat ikon lencana di situs web untuk melihat informasi keamanan situs web yang sedang dikunjungi.
    Sumber : opera.com
  3. Isyarat mouse visual
    Coba klik-tahan tombol kanan tetikus anda di halaman web. Sebuah lingkaran dengan menu di dalamnya akan muncul. "Menu" ini bisa jadi merupakan alternatif navigasi cepat. Namun juga mungkin akan sedikit kaku bagi anda yang menggunakan pertama kalinya. Kalau anda tidak suka, fitur ini bisa dinonaktifkan melalui Menu (tombol merah di kiri atas) > Pengaturan > Preferensi > tab Lebih Lanjut.
  4. Ekstensi
    Seperti peramban web masa kini lainnya, Opera terbaru ini juga menyediakan ekstensi untuk menambah fungsionalitasnya. Beberapa ekstensi ada yang bekerja di latar belakang, namun juga ada yang menyediakan menu sehingga untuk menggunakan pengguna tinggal mengkliknya.
    Untuk mendapat ekstensi, anda dapat mengunjungi halamannya atau klik saja Menu > Ekstensi > Download Ekstensi.
  5. Saran Pencarian
     Ketika anda mengetikkan sesuatu di kolom alamat, Opera segera mencarikan hasil yang berkaitan berdasarkan prediksi pencarian Google. Rupanya, Opera telah membangun prediksi pencarian ini di dalam browsernya. Sebagai contoh, ketika anda mengetikkan "omong", Opera akan segera memberikan hasil beberapa alamat yang memiliki teks "omong", misal omong.in.
  6. Panel surat
    Opera kini juga dapat berfungsi sebagai klien surel. Layaknya ketika anda menggunakan Evolution atau Thunderbird atau klien surel desktop lainnya.
  7. IRC
    Pengguna juga dapat menggunakan fitur IRC yang juga disediakan Opera. Beberapa daftar server sudah disediakan, seperti Freenode, DALnet, Operanet, IRCnet, dan beberapa server lainnya.
Melihat dari fitur-fitur terbarunya, ada kemungkinan Opera ingin menjadikan perambannya sebagai pengganti desktop. Dengan kata lain, Opera menyiapkan diri untuk menghadapi zaman yang bernama komputasi awan.

Gaya ubin (tile)
Gaya berjajar vertikal


Tertarik ingin segera mencoba? Undah saja langsung dari opera.com. Atau jika anda menggunakan Debian atau Ubuntu, anda dapat menambahkan salah satu dari alamat berikut pada daftar repositori (silahkan pilih sesuai versi Debian anda) :

deb http://deb.opera.com/opera/ etch non-free
deb http://deb.opera.com/opera/ lenny non-free
deb http://deb.opera.com/opera/ squeeze non-free
deb http://deb.opera.com/opera/ sid non-free

Lalu import key :
Debian
# wget -O - http://deb.opera.com/archive.key | apt-key add -
Ubuntu
wget -O - http://deb.opera.com/archive.key | sudo apt-key add 

Selamat menikmati.

Sumber : opera.com

Komentar

Postingan Populer