Antar Muka Baru di FF 4

Semenjak diluncurkan pada 22 Maret silam, Firefox terus diunduh oleh penggemarnya di seluruh dunia. Bahkan, pada 24 jam pertama saja, aplikasi peramban web paling populer ini sudah 7,1 juta kali diunduh. Wow!! Fitur-fitur barunya serta peningkatan render halaman menjadi salah satu faktor yang menarik pengguna.

Namun, selain memunculkan berbagai fitur andalan tersebut, para pengembang FF 4 juga memberikan suatu pengalaman antar muka yang baru kepada penggunanya.



1. Lokasi tab fleksibel
Sebut saja dalam penempatan tab. Pengguna tinggal memilih apakah tab diletakkan di atas batang alamat ala google chome atau di bawahnya ala Firefox versi sebelumnya. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman menarik terutama bagi anda yang gampang bosan dengan satu tampilan.
Tab gaya lama

Tab gaya baru

2. Tombol yang lebih praktis
Ini terlihat jelas ketika pengguna pertama kali membuka Firefox 4. Perampingan dan perubahan lokasi tombol ini memberikan ruang yang lebih lebar bagi batang alamat. Sebaliknya, bagi tombol refresh/stop menjadi lebih kecil yang disisipkan diakhir batang alamat. Hal ini mengingatkan kita pada pengalaman menjelajah web bersama Safari, peramban buatan Apple.


Tombol Home juga dibuang ke sebelah paling kanan. Mungkin karena tombol ini jarang digunakan pengguna. Setidaknya menurut pengalaman penulis :)

3. Jendela dialog gaya baru
Tidak seperti versi sebelumnya, jendela dialog yang digunakan javascript tidak lagi menggunakan border dan aksesoris milik tema desktop. Pengembang FF 4 telah memermak sedemikian rupa sehingga terlihat lebih sederhana dan elegan. Tengoklah kotak putih dengan border hitam dan tombol di gambar berikut. Jelas, bagi penulis, ini memberikan nilai plus dalam desain antarmuka aplikasi web yang dikembangkan.


Nah...adakah lagi pengalaman antarmuka baru yang dibenamkan dalam rilis Firefox 4 ini? Tentunya menarik diselami.

Komentar

Postingan Populer