Jadi Kerenz Lewat BlanKonf

Masih bingung atau asing mendengar kata Linux? Masih tidak akrab ditelinga? Mungkin itu bisa terjadi dua atau tiga tahun yang lalu. Sekarang, dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat, penetrasi informasi per-Linux-an pun turut terkena dampaknya. Tak ayal lagi, ketika sekarang kita menyebut "Linux", tidak sedikit la yang langsung ngeh maksudnya. Tanda yang paling nampak adalah jika kita berburu informasi tutorial atau referensi di internet prihal per-Linux-an, maka akan semakin banyak kita jumpai berbagai informasi yang ditulis oleh masyarakat Indonesia.

Bagi sebagian orang yang baru belajar komputer, kendala utama biasanya adalah bahasa. Dimana kebanyakan bahasa bawaan program atau sistem operasi adalah bahasa Inggris. Dalam hal ini, BlankOn sebagai salah satu distro Linux lokal Indonesia bisa hadir menjadi solusi. Penerjemahan ke dalam bahasa Indonesia ini juga merupakan salah satu faktor yang menjadikan penetrasi Linux ke masyarakat Indonesia semakin tinggi.

Pertengahan Juli ini, komunitas BlankOn yang terdiri dari pengembang, pengguna, dan pemasar akan mengadakan kegiatan rutin tahunan. Apalagi kalau bukan Konferensi BlankOn (BlanKonf) #3. Ya, kegiatan ini merupakan yang ketigakalinya diselenggarakan. Dua tahun sebelumnya, BlanKonf sempat menyambangi Bogor dan Surabaya sebagai tuan rumah. Tahun 2011 ini, giliran Semarang yang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah.


Agenda
BlanKonf #3 esok membawa beberapa agenda. Agenda-agenda ini kelak yang akan didiskusikan bersama di Universitas Dian Nuswantoro pada 23 - 24 Juli mendatang. Agenda yang sudah dirancang meliputi, diskusi komunitas BlankOn dan berbagai seminar tentang BlankOn, Linux, dan FOSS. Di BlanKonf ini, pengguna juga dapat mengusulkan fitur-fitur yang diharapkan ada di rilis-rilis BlankOn selanjutnya. Tidak tanggung-tanggung, pengguna bisa menyampaikannya langsung ke para pengembangnya yang juga hadir.


Bagi yang tertarik dengan dunia bisnis, dapat juga berdiskusi untuk mencari peluang bisnis yang dapat di ambil dari perangkat lunak terbuka ini, terutama dari BlankOn. Kerjasama bisnis dengan pihak BlankOn sangat mungkin dijajaki melalui acara ini.


Seru-seruan
Selain pada tanggal 23 dan 24 Juli, panitia lokal (KPLI Semarang) juga menggelar acara yang diberi nama "Seru-seruan Status dan Tweet Berhadiah". Caranya mudah, cukup menulis status di Facebook atau Tweet di Twitter seputar pelaksanaan BlanKonf #3 di Semarang. Setelah melalui proses penilaian, peserta yang terpilih akan mendapat hadiah menarik dari sponsor. Informasi lebih lengkap, cekidot saja.


Tertarik menjadi semakin kerenz? Langsung saja pesan tempat di sini.

Komentar

Postingan Populer